Monday, 25 January 2016

11 Panduan Dasar Mempersiapkan Pernikahan

Halo wanita. Merencanakan sebuah pernikahan bukanlah merupakan suatu hal yang mudah. Merencanakan sebuah pernikahan yang akan berlangsung dalam waktu 6 bulan atau kurang bahkan lebih sulit. Pada kondisi biasa mungkin memang mudah membayangkan atau merencanakan banyak hal. Tapi dikondisi yang membuat tertekan dengan banyaknya gambaran serta pikiran-pikiran yang bermunculan pastinya akan membuatmu bingung hal mana yang mesti dipersiapkan lebih dulu dalam pernikahan yang kamu impikan. Berikut adalah beberapa langkah yang membantu dalam merencanakan sebuah pernikahan yang luar biasa dalam waktu yang sedemikian singkat.





1
Persiapkan dirimu sendiri secara mental. Masuklah ke dalam kerangka berpikir yang tepat. Bersiaplah untuk berkompromi. Masuklah ke dalam perencanaan pernikahanmu dengan pikiran terbuka dan fleksibel. Anda mungkin telah merencanakan semuanya di dalam pikiran, tetapi tanpa menjaga ide tersebut agar tetap fleksibel, Anda akan menjadi frustrasi dan kecewa. Bersiaplah untuk mengubah ide-ide yang Anda impikan dari sebuah pernikahan. Anda tidak hanya harus fleksibel dengan perencanaannya, tetapi Anda juga harus bersedia untuk berkompromi secara keuangan. Jangan mencoba untuk merencanakan atau mengendalikannya secara berlebihan. Tanggapi semuanya dengan ringan dan rasa humor.



2
Memutuskan sebuah anggaran dan bertahan dengannya. Ini adalah langkah pertama dalam merencanakan pernikahan mana pun bahkan menjadi hal yang lebih penting ketika merencanakannya dalam jangka waktu yang singkat. Karena singkatnya kerangka waktu, uang yang Anda belanjakan tidak akan tersebar selama satu atau dua tahun. Anda perlu memperhatikan uang mana yang akan dibelanjakan dan tetap dapat hidup dan membayar tagihan-tagihan Anda. Anda mungkin perlu menurunkan visi pernikahan Anda. Mudah halnya untuk bergantung pada pinjaman, tetapi Anda perlu mempertimbangkan secara serius, apakah merupakan suatu awal yang sehat jika berencana untuk memasuki sebuah pernikahan dengan tagihan yang sangat besar, hanya untuk sebuah pernikahan yang megah. Tidak ada yang ingin memulai sebuah pernikahan di dalam pengadilan kepailitan. Alasan utama mengapa pernikahan berumur dini gagal adalah karena tekanan keuangan. Perhatikanlah dengan seksama.



3
Bekerjasamalah dengan pasangan Anda dalam membuat daftar tamu.Tentukan berapa orang yang dapat Anda jamu dengan anggaran dan ruang yang tersedia. Saat Anda berlanjut dengan proses perencanaannya, besarnya daftar tamu mungkin saja akan mempengaruhi tempat tujuan yang Anda pilih, dan sebaliknya, tempat tujuan yang dipilih mungkin saja mempengaruhi berapa banyak orang yang dapat Anda undang. Jika Anda bisa lebih awal mendapatkan gambaran jumlah tamu secara bersamaan, hal ini akan membantu Anda dalam keseluruhan proses perencanaan. Mulailah kumpulkan alamat mereka secara bersamaan, tetapi jangan mengkhawatirkan tentang undangan sampai Anda benar-benar yakin akan mengundang mereka (dan dapat mengakomodasinya).



4
Belilah sebuah buku perencanaan pernikahan atau buatlah sendiri. Pastikan buku tersebut memiliki sebuah kalender dan kantong untuk menyimpan brosur serta potongan-potongan kertas. Ini akan membantu Anda untuk mengatur ide-ide dan menyimpan informasi kontak Anda, semuanya di dalam satu tempat. Tulislah nama vendor yang telah Anda hubungi dengan informasi kontaknya, serta tanggal dan waktu perjanjian. Anda juga dapat menambahkan carikan kain dan foto-foto bunga untuk ditunjukkan ke toko bunga Anda.
  • Mulailah merencanakannya secepat mungkin, setelah Anda memutuskan sebuah tanggal! Jika menangani semuanya dari awal, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati pertunangan Anda dan lebih banyak waktu untuk fokus pada hal-hal yang kecil (misalnya, warna huruf di undangan Anda).


5
Buatlah garis waktu dengan daftar hal-hal yang harus dikerjakan. Garis waktu akan berbeda-beda, tergantung di mana Anda tinggal dan tempat penjualan barang-barang untuk pernikahannya. Garis waktu bisa berubah secara drastis jika Anda merencanakan pernikahan pada bulan Januari atau Juni. Jika Anda tinggal di dalam sebuah kota yang berukuran rata-rata , kebanyakan langkah-langkah berikut perlu diselesaikan di dalam bulan-bulan pertama dan setengah bulan tersendiri untuk membuat atau mengambil pesanan dari para vendor (toko bunga, fotografer, gaun pengantin, dll.). Saat merencanakan sesuatu dengan cepat dan dalam jumlah yang banyak, keputusan harus dibuat di dalam bulan pertama. Anda hanya akan menghabiskan bulan-bulan berikutnya dengan melakukan perbaikan-perbaikan dan berharap tidak ada hambatan yang berarti.



6
Pertimbangkan sebuah tempat tujuan untuk pernikahan. Ini biasanya merupakan hal yang paling mudah untuk dilakukan dalam jangka waktu yang singkat. Yang harus dilakukan adalah muncul pada waktunya, menikah dan menikmati waktu yang luar biasa. Ini kemungkinan akan membuat Anda berhemat untuk jangka panjangnya. Pertimbangkan opsi-opsi Anda. Kebanyakan resor memiliki segala sesuatunya dan memungkinkan untuk membuat beberapa jadwal acara sekaligus dalam jangka waktu yang singkat.
  • Perjalanan tersebut akan membantu menyaring daftar tamu Anda dan kemungkinan hanya teman-teman dekat dan keluar terdekat yang akan hadir.
  • Ini seringkali kombinasi dari pernikahan, resepsi dan bulan madu, semua menjadi satu agar dapat lebih berhemat.
  • Bunga-bungaan dan kue seringkali telah termasuk di dalam biayanya.
  • Beberapa hotel di Las Vegas (AS) dapat menyelenggarakan sebuah pernikahan yang indah dan penuh cita rasa. Jangan beranggapan bahwa setiap petugas keagamaan di Las Vegas adalah seseorang yang meniru Elvis.
  • Beritahukan semua orang di muka jika berencana untuk bepergian ke luar negeri. Butuh waktu untuk memperoleh paspor. Jangan menunggu sampai undangan disebarkan. Ingatkan semua orang bahwa butuh waktu yang lebih lama untuk memperoleh paspor dan jangan sampai mereka menundanya. Jangan beranggapan semua orang tahu bahwa memperoleh paspor bukanlah suatu hal cepat.


7
Pertimbangkan untuk menggunakan sebuah tema pernikahan yang santai.Buatlah sebuah pesta yang luar biasa, daripada sebuah acara yang resmi. Berusaha kreatif dan coba rencanakan sesuatu yang menyenangkan. Ingatlah, pada akhirnya, Anda akan tetap menikah, jadi jangan terlalu kaku dengan pernikahan Anda jika waktu persiapannya singkat. Berpikirlah di luar kebiasaan dan Anda akan memiliki sebuah sebuah pernikahan yang lebih penuh kenangan dibandingkan teman-teman Anda yang merencanakannya dua kali lebih lama dan menghabiskan waktu sepuluh kali lebih banyak.
  • Menikahlah di kebun binatang dan tunggangi seekor gajah. Tempatkan hewan-hewan yang biasanya berada di dalam kandang, di sekitar aula resepsi dengan para pawangnya, untuk dapat menjawab berbagai pertanyaan. Buatlah agar pengantin wanitanya mengenakan gaun santai katun berwarna putih dan pengantin prianya berwarna khaki (kuning kecokelatan). Anda juga dapat mengenakan sebuah setelah yang indah dan sebuah gaun putih dengan sekuntum bunga yang eksotis di rambut.
  • Menikahlah di akhir pekan Halloween dan mintalah semua yang hadir untuk menggunakan kostum. Sewalah beberapa kostum gaya Victoria yang luar biasa (jauh-jauh di muka), Romeo dan Juliet atau pasangan lainnya. Hiasi dengan kawah-kawah gunung dan es kering. Tidak akan ada yang melupakannya!
  • Menikahlah di pantai, di pagi hari dan adakan resepsinya di sebuah restoran lokal, di waktu antara sarapan dan makan siang, di dalam sebuah ruangan pribadi.
  • Pergilah ke daerah pegunungan dan menikahlah di lereng gunung. Daripada gaun dan tuksedo, gunakan perlengkapan salju berwarna putih dan hitam. Sematkan bunga yang indah pada jaket ski Anda. Pestanya dapat diselenggarakan di dalam tempat penginapan.
  • Temukan sebuah perahu layar dan cari tahu kemungkinan untuk membuat sebuah pesta yang sederhana di atasnya untuk seremoni, kemudian mereka berlayar kembali ke dok untuk sebuah pesta pantai yang luar biasa atau mencoba sebuah restoran terdekat.


8
Putuskan sebuah tanggal dan miliki sebuah alternatif. Hubungi opsi-opsi lokasi seremoni Anda untuk mencari tahu ketersediaannya dan apakah biayanya cocok dengan rencana keseluruhan Anda. Jika hanya menunggu, Anda memiliki resiko tanggal tersebut bisa jadi tidak tersedia. Jika menemukan sebuah tempat yang Anda suka, yang tersedia dan berada di dalam kisaran harga, Anda sebaiknya memesannya dan tidak perlu menunggu.
  • Jika tempat tersebut di luar kisaran harga atau telah dipesan, Anda dapat menanyakan untuk hari alternatif lainnya. Pernikahan pada hari Jumat dan Minggu telah menjadi lebih umum, terutama di kota-kota besar, di mana terdapat permintaan dan biaya yang sangat tinggi untuk hari Sabtu. Mereka mungkin akan menawarkan hari Jumat dan Minggu dengan harga yang lebih murah.
  • Sekaligus juga tanyakan kemungkinan untuk mendapatkan sebuah jadwal pernikahan di pagi hari jika pada hari yang sama terdapat acara lain di sore harinya.
  • Bersikaplah realistis, sebuah pernikahan di Hari Valentine akan menjadi hal yang sangat sulit untuk dipesan dalam jangka waktu yang singkat, kecuali Anda dapat benar-benar kreatif. Harga-harga pun akan melonjak pada hari tersebut disebabkan permintaan dan persediaan.
  • Tanyakan tentang kebijakan pengembalian atau pembatalan untuk pemesanan dalam jangka waktu yang singkat. Mereka mungkin memiliki kontrak yang mencantumkan bahwa pembatalan harus dilakukan paling tidak 6 bulan sebelumnya untuk mendapatkan pengembalian setoran. Karena telah berada di dalam rentang waktu ini, Anda harus sangat berhati-hati pada apa yang Anda pesan dan dalam menawarkan setoran. Juga tanyakan jika kontrak tersebut dapat diubah karena Anda melakukan pemesanan terlambat. Mereka mungkin akan memberikan Anda satu bulan tambahan di dalam rentang waktu pembatalan/pengaturan ulang jadwal.


9
Lakukan penelitian terhadap tempat-tempat resepsi untuk mengetahui apa yang tersedia, yang sesuai dengan anggaran Anda. Pertimbangkan aula resepsi yang biasa, tetapi pelajari juga tentang gedung-gedung bersejarah, museum, kebun anggur, galeri seni, kebun raya, hotel bersejarah dengan ruang pertemuannya. Kebun binatang juga dapat menjadi tempat yang unik untuk sebuah resepsi, yang mungkin saja lebih terjangkau, tersedia dalam waktu singkat dan benar-benar dapat dipersiapkan dengan cepat, untuk sebuah pernikahan yang penuh kenangan.
  • Tentukan apakah sebuah tempat resepsi tersedia, di mana Anda akan melangsungkan seremoninya. Ini akan membuat hal-hal menjadi jauh lebih mudah untuk direncanakan dan lebih terjangkau. Anda tidak perlu mempersiapkan transportasi untuk pesta pernikahan dan ini akan membuat berkurangnya satu hal yang harus dipesan dan dibayar.
  • Jika Anda kesulitan untuk menemukan sebuah tempat resepsi yang tersedia, hubung katering setempat dan tanyakan kepada mereka daftar dari tempat-tempat resepsi setempat. Mereka biasanya akan lebih dari bersedia untuk membantu, terutama jika Anda adalah seorang pelanggan yang potensial.
  • Pertimbangkan untuk mengadakan pernikahan di sekitar hari libur besar, di mana gereja-gereja dan aula resepsi kemungkinan telah dihias.
  • Anda dapat dengan mudah mengadakan sebuah pesta pernikahan dengan tamu sebanyak 30 orang di dalam ruang makan sebuah rumah tua, tempat atau gedung bersejarah, taman pribadi yang indah atau tempat di luar ruangan yang memiliki pemandangan. Dengan sedikitnya jumlah orang yang hadir, Anda dapat dengan mudah memindahkan acara ke sebuah tempat yang luar biasa di luar kota, jadi jangan merasa terikat bahwa Anda harus merencanakannya hanya di dalam kota. Pertimbangkan pantai, kota tetangga, taman-taman, tempat di luar ruangan dengan pemandangan yang luar biasa atau tempat historis yang indah di negara bagian Anda.


10
Hubungi petugas keagamaan untuk melangsungkan seremoninyaAgama-agama tertentu mensyaratkan pasangan untuk menghadiri konseling pranikah. Jika Anda menginginkan seorang petugas keagamaan yang religius, petugas keagamaan mungkin akan ingin bertemu dengan Anda dan pasangan sebelum pernikahan berlangsung, untuk mendiskusikan janji pernikahan, bagaimana mereka biasanya melangsungkan seremoni dan rincian lainnya. Jangan menunggu sampai detik-detik terakhir. Para pendeta dapat dipesan jauh-jauh di muka, tetapi mereka umumnya melangsungkan beberapa seremoni dalam satu hari. Anda mungkin perlu bersikap fleksibel terhadap waktunya jika Anda ingin mendapatkan petugas keagamaan yang diinginkan. Jika mereka berhalangan, Anda dapat menanyakan apakah ada pastor rekanan yang tersedia atau jika mereka dapat merekomendasikan orang lain.



11
Pertimbangkan untuk memecah tanggalnya. Berkompromi. Selenggarakan sebuah pernikahan kecil dengan keluarga dan teman terdekat. Rencanakan sebuah pesta/resepsi yang besar dengan semua teman Anda dan sebar luaskan sebuah acara beberapa bulan setelah pernikahan atau pada ulang tahun pernikahan pertama Anda. Anda akan memiliki waktu untuk benar-benar merencanakannya. Ini adalah sebuah hal yang umum dilakukan setelah melangsungkan sebuah pesta pernikahan yang akrab. Keuntungannya termasuk:
  • Anda akan dapat merencanakannya pada hari Jumat malam dan tidak dibatasi pada waktu yang lebih sore atau pernikahan di malam hari.
  • Anda tidak akan tegang dan dapat menikmatinya
  • Anda tidak perlu meninggalkan pesta pertengahan untuk berbulan madu
  • Anda memiliki sebuah alasan untuk memakai gaun pernikahan atau membeli sebuah gaun koktail putih yang luar biasa.
  • Anda dapat merayakannya sebanyak dua kali.
  • Anda dapat memiliki sebuah pernikahan di tempat tujuan atau kawin tamasya dan masih dapat melangsungkan sebuah resepsi atau pesta setelahnya untuk dihadiri semua teman-teman Anda.
sumber: wikihow

0 comments:

Post a Comment

 

Jadi Wanita Baru Template by Ipietoon Cute Blog Design