Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memberdayakan Tips untuk Bertahan Hidup

 

Berkomitmen untuk mengubah hidup Anda? Selamat! Tetapi jangan terkejut ketika orang mulai menawarkan saran dan pendapat tentang apa yang harus dan tidak boleh Anda lakukan.

Kiat-kiat berikut akan membantu Anda menavigasi jalan Anda melalui banyaknya pendapat yang pasti Akan Anda hadapi dalam perjalanan anda untuk menciptakan kehidupan yang anda cintai.

Umpan balik selalu diberikan melalui mata si pemberi.

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana beberapa orang menyatakan pendapat mereka atau memberikan umpan balik mereka, seolah-olah mereka memiliki semua jawaban?

Untuk menanggung segala jenis umpan balik, terutama yang tidak diminta dan tidak baik, salah satu hal yang paling memberdayakan yang dapat Anda lakukan adalah mengajukan pertanyaan:

Apakah umpan balik diberikan berdasarkan fakta, atau pendapat pribadi?

Umpan balik berdasarkan fakta tidak dapat disangkal. Jika Anda memiliki mata biru dan seseorang menyatakan bahwa Anda memiliki mata biru, tidak ada ruang gerak. Faktanya adalah, Anda memiliki mata biru dan siapa pun dapat mengetahui dengan melihat Anda bahwa Anda memiliki mata biru.


Di sisi lain, jika seseorang menyatakan Anda memiliki mata yang indah, pintu terbuka lebar untuk interpretasi. Beberapa orang mungkin setuju, Anda memiliki mata yang indah. Tetapi mungkin ada orang lain yang tidak suka mata biru, atau mata biru mengingatkan mereka pada mantan mereka sehingga mereka tidak setuju dan tidak akan menemukan mata biru Anda indah.

Kebanyakan orang berbicara seolah-olah pendapat mereka adalah fakta, padahal sebenarnya pendapat mereka hanya itu, sebuah pendapat.

Oleh karena itu, ketika Anda mendengarkan umpan balik, ingatlah untuk memfilter umpan balik melalui satu pertanyaan:

Apakah umpan balik ini didasarkan pada fakta, atau pendapat pribadi?

Anda bisa memutuskan bagaimana Anda akan menerimanya.

Ada tip yang saya pelajari sejak lama yang telah melayani saya dengan baik. Ketika seseorang menawarkan umpan balik mereka kepada saya, saya telah belajar bahwa saya tidak harus menerimanya segera. Sebaliknya, saya mengucapkan terima kasih dan memberi tahu mereka bahwa saya akan memikirkan apa yang baru saja mereka katakan.

Ini akan memberi Anda waktu.

Anda tidak perlu bereaksi terhadap umpan balik pada saat ini. Anda dapat meluangkan waktu dan memproses umpan balik secara perlahan.

Mari kita hadapi itu; Umpan balik yang baik lebih mudah ditelan daripada buruk. Jika Anda dihadapkan dengan umpan balik yang keras, JANGAN bereaksi terhadapnya saat itu diberikan. Sebaliknya, beri diri Anda waktu untuk memproses umpan balik ketika Anda memiliki kesempatan untuk tenang dan menjadi lebih objektif.

Memberi diri Anda waktu, akan memberi Anda kesempatan untuk bereaksi terhadap umpan balik dari tempat kekuasaan dan merawat diri sendiri.

Anda selalu mendapatkan keputusan akhir.

O.K., jadi Anda mendapat beberapa umpan balik dan memberi diri Anda waktu untuk memprosesnya. Sekarang apa?

Anda bisa memutuskan apakah Anda menerimanya atau tidak.

Anda tidak perlu setuju dengan atau menerima umpan balik yang diberikan kepada Anda – selamanya!
Tapi, mungkin ada saat-saat akan lebih bijaksana untuk melakukannya. Jika seseorang memberi Anda umpan balik berdasarkan pengalaman bertahun-tahun, maka mungkin bijaksana untuk mengindahkan saran mereka.

Di sisi lain, jika seseorang memberi Anda umpan balik tetapi tidak dapat benar-benar mencadangkan umpan balik mereka dengan bukti pendukung, Anda mungkin berurusan dengan lebih banyak bulu daripada saran yang kokoh.

Jika Anda tidak yakin apakah akan menerima umpan balik yang Anda berikan, mintalah pemberi untuk memberi tahu Anda mengapa mereka memiliki pendapat yang mereka lakukan. Jika pendapat mereka didasarkan pada sejarah masa lalu yang sukses berurusan dengan situasi yang sama, Anda mungkin ingin mendengarkan. Jika tidak, Anda mungkin ingin membuangnya ke luar jendela.

Dan jangan lupa, tidak ada yang akan membuat keputusan yang lebih baik untuk Anda daripada Anda! Oleh karena itu, dengarkan saran orang lain tetapi hanya simpan apa yang berhasil untuk Anda dan buang sisanya. Percayalah pada diri batin Anda yang bijaksana untuk membawa Anda ke arah yang benar dan Anda akan membuat keputusan terbaik untuk Anda dalam jangka panjang.