3 Rahasia Sederhana untuk Mengatasi Stres

 

Stres dapat disebabkan oleh sejumlah faktor situasional, tetapi jika Anda menemukan Anda memiliki stres konstan dalam hidup Anda secara teratur, itu bisa jadi karena ciri-ciri kepribadian Anda sendiri. Untungnya, sifat-sifat ini dapat diubah dengan tiga strategi sederhana untuk mengelola stres.

Pertama, pertimbangkan apakah Anda rentan terhadap perfeksionisme atau tidak. Orang tua atau guru yang terlalu kritis selama masa muda Anda mungkin telah menyebabkan Anda berjuang untuk perfeksionisme lengkap, yang belum tentu merupakan hal yang baik.

Kebanyakan perfeksionis frustrasi dan memiliki tingkat stres yang tinggi. Banyak yang menunda-nunda karena upaya luar biasa yang diperlukan untuk melakukan sesuatu dengan sempurna. Tentu saja, beberapa profesi menuntut perfeksionisme, seperti ahli bedah dan ilmuwan roket, tetapi bagi kebanyakan dari kita, perfeksionisme adalah energi yang salah arah.

Alih-alih menuntut perfeksionisme dari diri sendiri dan orang lain, belajarlah untuk memfokuskan energi Anda dan pergi dengan cukup baik sendirian. Pertimbangkan apakah tugas, pekerjaan atau tindakan dapat dianggap "cukup baik" tanpa harus sempurna.

Strategi ini akan menghilangkan banyak tekanan dari bahu Anda dan menurunkan tingkat stres Anda secara keseluruhan sepanjang hidup Anda.

Selanjutnya, berlatih melepaskan. Belajar melepaskan lebih merupakan seni daripada sains, dan paling baik dipraktekkan dalam langkah-langkah kecil yang dapat dikelola.

Sekali lagi, jika Anda memiliki kecenderungan perfeksionisme, jangan berharap diri Anda berubah (atau menjadi sempurna dan tidak sempurna) dalam semalam. Beri diri Anda ruang, dan mulailah dengan langkah-langkah bayi, secara bertahap bekerja dengan cara Anda untuk menjadi lebih santai.

Jika Anda seorang perfeksionis di sebagian besar bidang kehidupan Anda, inventarisasi hidup Anda dan lihat di mana Anda mampu untuk tidak menjadi sempurna.

Misalnya, mungkin cucian dapat dilipat sedikit miring dari biasanya, dan mungkin taman tidak harus benar-benar bebas dari gulma setiap saat. Sadarilah bahwa tugas-tugas tertentu membutuhkan lebih banyak perhatian terhadap detail daripada yang lain, dan gunakan penilaian yang baik dalam menentukan bidang kehidupan Anda apa yang dapat menangani "melepaskan" Anda.

Semakin sedikit Anda merasa perlu untuk mengontrol sepenuhnya, semakin banyak stres Anda dapat menghapus dari hidup Anda.

Akhirnya, dapatkan diri Anda terpusat. Ini tidak berarti Anda harus melakukan yoga lima hari per minggu atau bermeditasi selama satu jam sehari, tetapi itu berarti Anda harus meluangkan waktu untuk bersantai. Buat daftar lima cara Anda dapat bersantai setiap minggu atau setiap hari dan posting daftar di suatu tempat Anda dapat melihatnya secara teratur.

Lakukan apa pun yang membantu Anda bersantai - ambil segelas anggur setelah bekerja dengan beberapa teman, membaca buku, mandi gelembung, berjalan-jalan di luar, dll.

Jika hidup Anda sangat sibuk, Anda mungkin bisa bersantai hanya dengan mendapatkan lima menit yang tenang sendirian sekali sehari. Apa pun yang diperlukan bagi Anda untuk menemukan tempat yang tenang dan bersantai diperlukan untuk menghilangkan stres dan kembali ke keadaan normal.

Ketiga strategi ini dapat membantu Anda mengelola stres, memfokuskan energi Anda dan kembali ke jalan menuju kesuksesan.

LihatTutupKomentar