4 Tips Dalam Menjaga Pikiran Tetap Tajam

 

Sama seperti Anda membutuhkan latihan fisik untuk menjaga tubuh Anda berkinerja baik, Anda perlu latihan mental untuk menjaga pikiran Anda tetap tajam!

Tentu, kita akan memiliki hari-hari ketika kita hanya merasa "keluar dari itu." Ini bisa karena sejumlah alasan seperti bekerja lebih lama dari jam normal atau tidak cukup tidur malam sebelumnya.

Tapi, dalam satu atau dua hari Anda biasanya kembali ke diri Anda yang cerah, penuh perhatian, dan cerdas.

Kemudian, mungkin ada minggu-minggu ketika Anda merasa seperti Anda benar-benar dalam kebiasaan.

Anda cenderung pelupa, Anda lambat merespons dalam percakapan, atau keterampilan komprehensif Anda mungkin mengendur.

Dalam kasus ekstrim, Anda harus mengunjungi dokter Anda untuk memastikan itu bukan sesuatu yang lebih serius.

Namun, dalam kebanyakan kasus Anda mungkin hanya perlu tune-up mental!
Seperti yang mereka katakan, "gunakan atau hilangkan."

Hal ini tentunya berlaku dengan latihan fisik. Jika Anda tidak berjalan di treadmill atau mengangkat beban, Anda akan kehilangan bentuk Anda dalam waktu singkat!

Ada juga latihan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga pikiran Anda waspada dan hidup juga.

4 cara untuk menjaga pikiran Anda tetap tajam

1. Bermain game.

Ya, latihan mental bisa menyenangkan! Permainan seperti tic-tac-toe, catur, dan checker adalah permainan yang hebat untuk menguji keterampilan strategi Anda. Ping pong, tenis, dan raket baik untuk menguji keterampilan refleks Anda.

Hangman, Scrabble, pencarian kata, dan teka-teki silang sangat baik untuk keterampilan pengenalan kata. Jangan hanya memainkan game yang sama berulang-ulang. Mainkan berbagai permainan secara teratur untuk melatih keterampilan yang berbeda.

2. Hidupkan kembali indra Anda.

Ketika Anda berjalan menyusuri jalan atau di gedung perkantoran, mudah untuk "membuang ruang" atau memikirkan sejuta hal yang telah Anda lakukan.

Sebaliknya, gunakan kesempatan ini untuk menempatkan indra Anda untuk bekerja! Perhatikan apa yang Anda lihat, bau yang Anda bau, dan suara yang Anda dengar.

Ketika Anda sampai di rumah atau meja Anda, ingat semua indra itu, tuliskan, dan deskriptif. Lakukan ini setiap hari. Semakin Anda melakukan latihan ini, semakin menarik deskripsi Anda.

Anda secara alami akan melatih diri untuk melihat, mencium, dan mendengarkan dengan lebih banyak konsentrasi dan detail.

3. Perhatikan diet Anda

Anda tahu pentingnya diet sehat, rendah kolesterol dan rendah lemak untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Tapi, ada makanan yang dapat membantu menjaga proses mental Anda juga. Ikan, biji rami, dan kenari tinggi asam lemak omage-3 yang melindungi otak dari peradangan.

Teh, sage, dan rosemary dikenal untuk merangsang memori Anda. Blueberry, stroberi, dan bayam tinggi antioksidan yang dapat memperlambat proses penurunan pikiran Anda.

4. Bekerja keluar

Terlibat dalam olahraga teratur membuat tubuh Anda - dan pikiran Anda bergerak. Berolahraga dan Anda akan merasa berenergi, waspada, dan jernih.

Tips di atas akan membantu Anda meningkatkan kapasitas otak Anda dan akan membantu Anda merasa lebih baik juga.

Anda akan meningkatkan memori Anda dan Anda akan lebih penuh perhatian. Jadi berikan otak Anda latihan yang teratur dan sehat. Memberinya makan makanan sehat. Tantang diri Anda dan bersenang-senanglah!

LihatTutupKomentar